C-SERVICE PROTOCOL (WEB, MAIL, DNS, DHCP, VoIP)

C-SERVICE PROTOCOL (WEB, MAIL, DNS, DHCP, VoIP)

Nama : Muhammad Cristian Andriansyah (Promaker40)

1.Service

Menurut Chaffey (2008) Service adalah suatu aktivitas atau manfaat yang tidak memiliki wujud dan dapat diserahkan kepada orang lain yang bertindak sebagai customer dan tidak bersifat kepemilikan.

Menurut Iqlima Rahmawati (2021) Service/Pelayanan didefinisikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan tingkat kepuasanya hanya dapat dirasakan oleh yang melayani dan yang dilayani.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan dan ditujukan untuk member kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan.

2.Protokol Pada Jaringan Komputer

Menurut Alvana Noor Fariza (2023) protokol jaringan adalah sebuah aturan yang mengatur perpindahan data antar perangkat dalam jaringan yang sama.

Menurut Amera P. Safira (2023) Protokol jaringan adalah sistem yang mengatur komunikasi, hubungan, dan perpindahan data yang ada pada sebuah komputer dan jaringan.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan Protokol Jaringan adalah system yangmengatur dan menghubungkan pengitim dan penerima dalam syatu proses pertukaran dsta dan jaringan.

A.DHCP Server

Menurut Superit (2017) DHCP Server adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual.

Menurut Reza Renaldi (2017) DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis (bisa juga manual) memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan DHCP Server adalah sebuah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer.

B.WEB Server

Menurut Superit (2017) Web Server dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.

Menurut Reza Renaldi (2017) WEB SERVER adalah suatu server yang memberikan service (layanan) kepada klien yang meminta informasi berkaitan dengan web. Web server sendiri terdiri dari dua komponen. yang pertama adalah komputer itu sendiri dan software web server yang dipakainya. 

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan WEB SERVER adalah Perangkat keras atau lunak yang memiliki fungsi menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS.

-Protokol HTTP

Menurut Desak Made Diah Aristiani (2024) Hypertext Transfer Protocol atau HTTP merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk menjalankan proses transfer data di internet, antara klien dan server.

Menurut Meilinaeka (2023) HTTP merupakan protokol jaringan lapisan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu sebuah proses transfer antar komputer.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan HTTP adalah Protokol yang digunakan untuk menjalankan proses transfer antar komputer.

C.DNS Server

Menurut Superit (2017) DNS (Domain Name System) sendiri adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. 

Menurut Reza Renaldi (2017) DNS adalah singkatan dari Domain Name System, DNS itu adalah nama sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi. Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain (contoh: www.google.com) menjadi IP address (74.125.93.105).

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang berfungsi menjemahkan alamat IP ke nama domain.

-Pengertian UDP

Menurut Andy Nugroho (2020) UDP adalah kepanjangan dari User Datagram Protocol. Salah satu protocol yang menjadi lapisan transport TCP/IP yang mendukung atau memungkinkan terjadinya komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa adanya koneksi antar host jaringan yang menggunakan TCP/IP.

Menurut Yasin K (2018) User Datagram Protocol (UDP) adalah transport TCP/IP yang dapat mendukung komunikasi yang unreliable, tanpa adanya koneksi antar host di dalam suatu jaringan.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan User Datagram Protokol (UDP) adalah Jenis protocol jaringan yang dapat mendukung komunikasi yang unreliable, tanpa adanya koneksi antar host di dalam suatu jaringan.

D.MAIL Server

Menurut Superit (2017) Mail Server adalah server yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik  atau e-mail satu sama lain dalam suatu jaringan atau dengan internet.   

Menurut Aorinka Anendya (2022)Mail server adalah sebuah program yang membantu dalam pendistribusian email, baik dalam proses menerima atau mengirim. Walaupun terlihat mudah dan simpel, namun email akan melewati serangkaian proses pada mail server tersebut hingga akhirnya diterima pengguna.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan Mail Server adalah Program yang berfungsi baik untuk mengirim dan menerima email.

1.Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)

Menurut Aril Yudistira (2019) Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah protokol standart yang digunakan untuk mengirim email  dari lokal  email ke server melalui internet. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.

Menurut Aura Nisrina Hesanty (2022) SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Maksudnya, SMTP merupakan protokol standar untuk pengiriman surat elektronik.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan SMTP adalah protokol standar yang digunakan untuk pengiriman surat elektronik.

2.Internet Message Access (IMAP).

Menurut Aril Yudistira (2019) Internet Acsess Protokol (IMAP) juga digunakan untuk mengirimkan email ke local mail. IMAP dan POP3 adalah dua protokol email yang paling umum digunakan untuk menerima email. Kedua protokol didukung oleh semua klien email modern dan server web. Sementara protokol POP3 mengasumsikan bahwa email Anda diakses hanya dari satu aplikasi, IMAP memungkinkan akses serentak oleh banyak klien mail.

Menurut Rahul Awati (2021) Internet Message Access Protocol, atau IMAP, adalah protokol standar untuk mengambil pesan email (masuk) . Protokol ini menyimpan pesan email di server email dan memungkinkan penerima untuk melihat dan memanipulasi pesan tersebut seolah-olah pesan tersebut disimpan secara lokal di perangkat mereka.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan Internet Message Access Protocol (IMAP) adalah protokol yang digunakan untuk mengirimkan email ke local mail.

3.Post Office Protocol (POP3)

Menurut Aril Yudistira (2019) Post Office Protocol version 3 (POP3) adalah mail protocol standar yang digunakan untuk menerima email yang dikirimkan dari server ke email lokal.  POP3 memungkinkan Anda untk menyimpan pesan yang Anda terima ke penyimpanan komputer lokal Anda dan membaca email tersebu nanti bahkan saat anda sedang offline.

Menurut Aura Nisrina Hesanty (2022) Post Office Protocol 3 atau POP3 adalah protokol komunikasi untuk menerima pesan email. Jadi, kalau dipahami, letak POP3 berseberangan dengan SMTP pada proses pengiriman email.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan Post Office Protocol version 3 (POP3) adalah protokol standar yang digunakan untuk menerima pesan email.

E.Voice Over Internet Protocol (VOIP)

Menurut Superit (2017) Voice Over Internet Protocol (VOIP) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Menurut Meilinaeka (2023) VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang memungkinkan pengiriman suara dalam bentuk data melalui jaringan internet atau jaringan IP. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon melalui internet, dengan mengubah suara analog menjadi digital dan mengirimkannya melalui jaringan IP.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan Voice Over Internet Protocol (VOIP) adalah teknologi yang memungkinkan pengiriman suara dalam bentuk data melalui jaringan internet.

1.Konfigrasi DHCP Server


-Keterangan :

•Server generic
•Switch 2950-24
•Pc generic

-Setting IP Address komputer server dengan masuk ke menu server, caranya klik icon server –> Desktop –> IP Configuration.

-Kemudian setting DHCP server. Konfigurasinya juga dilakukan di komputer server, caranya klik icon server –> Services –> DHCP. 

-Selanjutnya setting semua IP yang terhubung dengan server, klik icon PC –> Desktop –> IP Configuration  lalu pilih DHCP, pastikan muncul keterangan “DHCP Request Successfull”.



-Setelah selesai mengatur IP setiap PC, pastikan apakah PC dan dan server sudah terkoneksi dengan baik atau belum. Caranya dengan melakukan test ping dari  PC-Client dengan Server. Anda dapat melakukannya di command prompt, caranya klik icon PC –> Desktop –> Command Prompt.

2.Konfigrasi WEB Server


-jalankan packet tracer. Kemudian tambahkan server, switch dan pc.Hubungkan ketiga komponen dengan copper straight-through. Klik server lakukan konfigurasi IP Address terlebih dahulu. Tab Config > FastEthernet0.

-Isi dari file index.html bisa kita edit sebagian atau di edit semuanya. 

-Misalkan kita ubah semua isi file index.html. Ganti menggunakan kode HTML seperti gambar diatas. Save > Close.Server sudah di konfigurasi. Langkah selanjutnya melakukan konfigurasi di komputer. Klik komputer, di tab Desktop > IP Configuration

-Tampil halaman index.html, content dari web server. Itulah konfigurasi web server cisco packet tracer.

3.Konfigrasi DNS Server

jalankan packet tracer. Kemudian tambahkan server, switch dan pc.Hubungkan ketiga komponen dengan copper straight-through


-lalu dikonfigurasi masuk ke Server lalu ke bagian service dan pilih DNS.

-lalu Setelah itu aktifkan DNS dengan klik On/aktif dan isi nama DNS sesuai kebutuhan dengan syarat harus diakhiri "nama.com", dan juga isi IP sesuai IP DNS server yang telah dikonfigurasi.

4.Konfigrasi MAIL Server

-Buat konfigurasi seperti gabar di bawah 

-lalu masuk ke Server lalu ke bagian services dan pilih bagian Email.Lalu aktifkan service dan POP3 service, kemudian tulis nama DNS pada bagian Domain Name lalu klik set. Jika sudah masukkan User dan Pasword sesuai kebutuhan dan klik tombol plus seperti yang ada pada gambar tersebut. Buat user lagi sesuai kebutuhan, karena saya menggunakan 3PC maka saya mengunakan 3 user yang berbeda.

-Selanjutnya yaitu mengkonfigurasi Mail pada PC. Caranya yaitu, masuk ke PC lalu ke bagian desktop dan pilih EMAIL. Setelah itu pilih Configure Mail, isi seperti pada gambar diatas. Bisa disesuaikan dengan IP, Username, maupun DNS yang telah dikonfigurasi. Lakukan hal yang sama pada PC atau User lainnya.

-Kemudian uji apakah Email telah berfungsi seperti yang di inginkan, klik bagian Compose seperti yang ada pada gambar.

-Jika sudah Ketik alamat email yang akan dituju lalu isi subject dan pesan yang ingin dikirimkan. Contohnya, seperti pada gambar tersebut. Apabila sudah klik Send untuk mengirim Email tersebut.

-Jika Email sudah berhasil dikirim, cek Email pada PC yang dituju dengan cara masuk ke bagian Email dan pilih receive. Seperti pada gambar tersebut.

5.Konfigrasi VOIP Server

-Buat topologi seperti gambar dibawah.
-Masuk ke router dan pilih bagian Cli. Ketikkan perintah seperti yang ada pada gambar dibawah.


-Masuk ke switch dan pilih bagian Cli. Ketikkan perintah seperti yang ada pada gambar dibawah.


-Jika konfigurasi pada router dan switch telah selesai, selanjutnya berpindah pada telepon IP. Masuk pada telepon lalu aktifkan telepon dengan cara menghubungkan gambar kabel yang ada pada bagian kiri bawah ke port power yang ada pada gambar telepon tersebut. Apabila sudah maka akan seperti pada gambar dibawah. Lakukan hal yang sama pada telepon IP yang lain.

-Masukkan nomer telpon lainya dan lihat apakah berhasil atau tidak.

-Lihat pada telfon lainya apakah panggilan sudah masuk atau belum, jika sudah maka konfigurasi sudah berhasil.

DAFTAR PUSTAKA


Chaffey. 2008. BAB II LANDASAN TEORI. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1754/4/BAB_II.pdf Diakses Pada 11 Agustus Pukul 10:05 WIB

Rahmawati, Iqlima. 2021. "Service atau Pelayanan", Klik untuk baca:

Fariza, Alvana Noor. 2023. Protokol Jaringan:Pengertian,6 Jenis,Contoh dan Fungsi. https://sekawanstudio.com/blog/pengertian-protokol-jaringan/ Diakses pada 11 Agustus pukul 10:18 WIB

Safira, Amera P. 2023. Apa Itu Protokol Jaringan, Fungsi, dan Jenisnya Terlengkap. https://www.goldenfast.net/blog/protokol-adalah/ Diakses pada 11 Agustus pukul 10:25 WIB

Superit. 2017. "Pengertian DNS Server, Web Server, Mail Server, FTP Server, dll" http://superit27.blogspot.com/2017/09/pengertian-dns-server-web-server-mail.html?m=1 Diakses Pada 11 Agustus Pukul 10:28 WIB

Renaldi, Reza. 2017. Pengertian dan Perbedaan DHCP Server, DNS Server, Web Server" http://rezakudryavka.blogspot.com/2017/06/pengertian-dan-perbedaan-dhcp-server.html?m=1 Diakses Pada 11 Agustus Pukul 10:32 WIB

Aristiani, Desak Made Diah. 2024. Apa Pengertian HTTP? Ini Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaat. https://www.detik.com/bali/berita/d-7397975/apa-pengertian-http-ini-fungsi-cara-kerja-dan-manfaat Diakses pada 11 Agustus 2024 pukul 10:41 WIB

Meilinaeka. 2023. Protokol HTTP, Kenali Pengertian serta Fungsinya dalam Internet. https://it.telkomuniversity.ac.id/protokol-http-kenali-pengertian-serta-fungsinya-dalam-internet/ diakses pada 11 Agustus 2024 pukul 10:46 WIB

Nugroho, Andy. 2020. Pengertian dan Cara Kerja UDP (User Datagram Protocol) https://qwords.com/blog/udp-adalah/ Diakses pada 11 pukul Agustus 11:05 WIB

K, Yasin. 2018.  Pengertian Protokol Jaringan Serta Fungsi dan Jenisnya https://www.niagahoster.co.id/blog/protokol-komunikasi/ Diakses pada 11 pukul Agustus 11:13 WIB

Anendy, Aorinka. 2022. "Pengertian Mail Server, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya" https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-mail-server/ Diakses Pada 11 Agustus Pukul 11:18 WIB

Yudistira, Aril. 2019. Mengenal SMTP IMAP dan POP3 Beserta Konfigurasinya https://citrahost.com/blog/mengenal-smtp-imap-dan-pop3-beserta-konfigurasinya/ Diakses Pada 11 Agustus Pukul 11:24 WIB

Awati, Rahul. 2021. IMAP (Protokol Akses Pesan Internet) https://www.techtarget.com/whatis/definition/IMAP-Internet-Message-Access-Protocol Diakses Pada 11 Agustus Pukul 11:29 WIB

Hesanty, Aura Nisrina. 2022. Apa Itu SMTP dan POP3 pada Layanan Email https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-smtp-pop3-dan-imap/ Diakses Pada 11 Agustus Pukul 11:31 WIB

Meilinaeka. 2023. "Simak Pengertian Teknologi VoIP Beserta Sejarahnya" https://it.telkomuniversity.ac.id/simak-pengertian-teknologi-voip-dan-sejarahnya/ Diakses Pada 11 Agustus Pukul 11:39 WIB


#atswa #atswaindonesia #promaker #promakeratswa #promaker40 #SERVICE PROTOCOL



Postingan populer dari blog ini

NF-PORT PADA JARINGAN KOMPUTER

NF-Subnetting IPv6 Sesuai RFC