NF-PORT PADA JARINGAN KOMPUTER

NF-PORT PADA JARINGAN KOMPUTER

Nama : Muhammad Cristian Andriansyah


A. Pengertian Port 

Menurut Amelia Shinta (2022) Port adalah mekanisme yang memungkinkan komputer terhubung dengan beberapa sesi koneksi dengan komputer dan program lainnya dalam jaringan.

Menurut Hernando Martin (2023) port adalah titik koneksi pada perangkat komputer dapat terhubung dengan perangkat internal atau eksternal seperti modem dan perangkat lainnya.

Menurut Ayu Rifka Sitoresmi (2023) Port adalah salah satu gerbang pada komputer sebagai konektor input atau output, seperti keyboard, mouse paralel atau serial ataupun USB.

Menurut silvia (2022) Port adalah mekanisme yang memungkinkan komputer terhubung dengan beberapa sesi koneksi dengan komputer dan program lainnya dalam jaringan.

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa  Port adalah alat yang menghubungkan komputer supaya bisa terhubung dengan beberapa koneksi dengan komputer lainnya dan program dalam jaringan komputer.

- Jenis Port

1. Logical Port (port non-fisik)

Menurut Elly Santi (2024) Logical Port  adalah jalur yang biasanya digunakan oleh aplikasi untuk menghubungkan ke komputer lain dengan jaringan TCP/IP.

Menurut Amelia Shinta (2024) Logical port adalah jalur yang digunakan oleh aplikasi untuk menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan TCP/IP.

Menurut silvia (2022) Logical port adalah jalur yang digunakan oleh aplikasi untuk menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan TCP/IP.

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa Logical port adalah jalur yang biasanya digunakan oleh aplikasi agar visa terhubung dengan komputer lain melalui jaringan TCP/IP.

- Jenis-jenis Logical Port

A. Well-known port (0 – 1023)

Menurut Hernando Martin (2023)  Port jenis ini adalah port yang dapat dikenali, layanan jaringan yang direpresentasikan selalu sama dan telah ditetapkan oleh IANA.

Menurut Safira Haddad (2023) Well-known Port adalah sebuah istilah yang digunakan dalam dunia komputer untuk merujuk pada nomor port yang sudah dikenal secara umum. Nomor port ini digunakan untuk mengidentifikasi layanan atau aplikasi yang berjalan pada suatu komputer atau perangkat jaringan.

Menurut Amelia Shinta (2024) merupakan port yang dikenali atau port sistem. Port ini selalu merepresentasikan layanan jaringan yang sama dan ditetapkan oleh IANA.

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa well-known port adalah sistem port yang mengidentifikasi layanan jaringan yang sama dan ditetapkan oleh IANA.

B. Registered port (1024 – 49151)

Menurut Achmad Farid (2022), port terdaftar digunakan oleh berbagai vendor komputer atau jaringan untuk mendukung aplikasi dan sistem yang mereka buat.

Menurut Amelia Shinta (2024) adalah diketahui dan terdaftar di IANA tetapi tidak dialokasikan secara permanen, sehingga dapat menggunakan port number yang sama.

Menurut Safira Haddad (2023) Port Terdaftar adalah nomor khusus yang ditetapkan untuk layanan jaringan atau aplikasi. Nomor ini berfungsi sebagai cara standar untuk mengidentifikasi berbagai layanan dan aplikasi yang berjalan di komputer atau jaringan.

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa Registered port adalah port yang diberikan oleh IANA untuk aplikasi yang tidak termasuk dalam will-known port sehingga vendor lain dapat menggunakan port yang sama.

C. Dynamically assigned port (49152 – 65535)

Menurut Achmad Farid (2022) Dynamically Assigned Port adalah port yang ditentukan oleh sistem operasi atau aplikasi yang digunakan untuk menanggapi permintaan pengguna berdasarkan kebutuhan mereka. Dynamically Assigned Port berkisar dari 1024 hingga 65536 dan dapat digunakan atau dihapus sesuai kebutuhan.

Menurut Safira Haddad (2023) Dynamically Assigned Port adalah metode untuk secara otomatis menugaskan nomor port kepada sebuah program atau aplikasi ketika pertama kali dijalankan. 

Menurut Elly Santi (2024) Dynamically Assigned Port adalah Port dinamis sebab digunakan untuk menanggapi permintaan user sesuai kebutuhannya. Kisaran susunan angka nomornya mulai dari 1024 sampai 65536. Jenis port ini dapat digunakan maupun dihapus sesuai dengan kebutuhan.

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa Dynamically Assigned Port adalah Port yang digunakan untuk menanggapi permintaan pengguna berdasarkan kebutuhan atau sebuah metode untuk menugaskan secara otomatis nomer port kepada program atau aplikasi yang pertama kali dijalankan.

-Secure Shell Port 22 (SSH)

Menurut Achmad Farid (2022) SSH juga dikenal sebagai “Secure Shell”. Port ini digunakan untuk melakukan tugas yang dapat diakses dari jarak jauh, seperti menghubungkan ke server atau host.

Menurut Graeme Messina (2024) port SSH (Secure Socket Shell) adalah teknik jaringan aman yang memungkinkan data dipertukarkan antara dua perangkat melalui koneksi SSH terenkripsi.

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa SSH adalah port yang yang berguna melakukan tugas yang dapat di akses dari jarak jauh untumenghubungkan ke server atau host.

Domain Name System Port 53 (DNS)

Menurut Achmad Farid (2022) DNS, juga dikenal sebagai “Domain Name System”, digunakan untuk menerjemahkan alamat IP setiap host dari angka ke huruf.

Menurut Amelia Shinta (2024) Port 53 adalah jenis port untuk DNS yang berfungsi sebagai penerjemah alamat IP pada setiap host. Port ini mencocokkan nama domain yang dapat dibaca manusia dengan alamat IP yang dapat dibaca mesin.

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa DNS adalah port yang bertugas sebagai penjelajah alamat ip setiap host dari angka ke huruf port ini bertugas mencocokan nama domain yang dapat dibaca manusia dengan alamat ip atau mesin.

-Port 80 (HTTP/Webserver)

Menurut Wiroto (2021) Port 80 adalah jenis port default dari HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) agar Anda bisa mengakses suatu website atau layanan dengan koneksi yang dibangun melalui HTTP.

Menurut Achmad Farid (2022) HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Fungsi port 80 adalah untuk memungkinkan browser terhubung ke situs web di internet.

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa HTTP/Webserver adalah port yang bertugas agar kita dapat mengakses suatu website atau layanan dengan koneksi yang dibangun http.

Simple Mail Transfer Protocol Port 25 (SMTP)

Menurut Amelia Shinta (2024) Port 25 berfungsi untuk SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berfungsi memastikan pengiriman email melalui jaringan dikomunikasikan dengan aman antara sesama SMTP server.

Menurut Dwi Wijaya (2022) Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah sebuah protokol yang digunakan untuk berkomunikasi dengan server yang berguna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima (tujuan).

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa SMTP adalah port yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan server yang berguna mengirimkan email dari lokasi email ke server sebelum dikirim ke email server penerima. 

Port 23 (TELNET)

Menurut Achmad Farid (2023) Telnet adalah protokol jaringan yang digunakan untuk mengakses perangkat dari jarak jauh melalui koneksi internet atau jaringan lokal.

Menurut Amelia Shinta (2024) Port 23 TELNET adalah port untuk menghubungkan komputer dan server jarak jauh. Fungsinya mirip dengan SSH, hanya saja port 23 TELNET tidak menggunakan enkripsi pada koneksinya.

dari kesimpulan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa Telnet adalah port untuk mengakses perangkat komputer dan server dari jarak jauh melalui koneksi internet atau jaringan lokal.

DAFTAR PUSTAKA 

Shinta,  Amelia. 2022. Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:13 WIB

Martin, Hernando. 2023. Port adalah: Jenis, Fungsi Serta Cara Kerjanya https://itbox.id/blog/port-adalah-jenis-fungsi-serta-cara-kerjanya/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:20 WIB

Sitoresmi, Ayu Rifka. 2023. Port Adalah Koneksi di Komputer untuk Menghubungkan Periferal, Ini Penjelasannya https://www.liputan6.com/hot/read/5271089/port-adalah-koneksi-di-komputer-untuk-menghubungkan-periferal-ini-penjelasannya?page=3 Diakses pada 10 Juli pukul 08:29 WIB

silvia. 2022. Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya https://www.jetorbit.com/blog/pengertian-port-jenis-dan-fungsinya/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:29 WIB

Santi, Elly. 2024. Belajar Port Jaringan Beserta Jenis-Jenis dan Fungsinya. https://idwebhost.com/blog/belajar-port-jaringan-komputer-beserta-fungsi-dan-jenis-jenisnya/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:41 WIB

Shinta, Amelia. 2024. Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:49 WIB

silvia. 2022. Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya https://www.jetorbit.com/blog/pengertian-port-jenis-dan-fungsinya/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:56 WIB

Martin, Hernando. 2023. Port adalah: Jenis, Fungsi Serta Cara Kerjanya . https://itbox.id/blog/port-adalah-jenis-fungsi-serta-cara-kerjanya/ Diakses pada 10 Juli pukul 09:04 WIB

Haddad, Safira. 2023. Port Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh Port. https://www.kanakomputer.com/port-adalah-pengertian-jenis-dan-contoh-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 09:17 WIB

Shinta, Amelia. 2024. Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 09:29 WIB

Farid, Achmad. 2022. Apa Itu Port?Inilah Penjelasan dan Jenisnya. https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-port/ 
Diakses pada 10 Juli pukul 09:32 WIB

Shinta, Amelia. 2024. Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 09:35 WIB

Haddad, Safira. 2023. Port Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh Port. https://www.kanakomputer.com/port-adalah-pengertian-jenis-dan-contoh-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 09:37 WIB

Farid, Achmad. 2022. Apa Itu Port? Inilah Penjelasan dan Jenisnya. https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 09:44 WIB

Haddad, Safira. 2023. Port Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh Port. https://www.kanakomputer.com/port-adalah-pengertian-jenis-dan-contoh-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 09:49 WIB

Santi, Elly. 2024. Belajar Port Jaringan Beserta Jenis-Jenis dan Fungsinya. https://idwebhost.com/blog/belajar-port-jaringan-komputer-beserta-fungsi-dan-jenis-jenisnya/ Diakses pada 10 Juli pukul 09:52 WIB

Farid, Achmad. 2022. Apa Itu Port? Inilah Penjelasan dan Jenisnya. https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 18:19 WIB

Messina, Graeme. 2024. Apa itu Penerusan Port SSH? https://www.cbtnuggets.com/blog/technology/networking/what-is-ssh-port-forwarding Diakses pada 10 Juli pukul 18:24 WIB

Farid, Achmad. 2022. Apa Itu Port? Inilah Penjelasan dan Jenisnya. https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 18:46 WIB

Shinta,  Amelia. 2022. Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 18:52 WIB

Wiroto. 2021. Pengertian Port Number Serta Fungsi Port pada Sebuah Jaringan Komputer https://www.ayokonfig.com/2021/09/pengertian-port-number-serta-fungsi.html Diakses pada 10 Juli pukul 18:59 WIB

Farid, Achmad. 2022. Apa Itu Port? Inilah Penjelasan dan Jenisnya. https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 19:05 WIB

Shinta,  Amelia. 2022. Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:24 WIB

Wijaya, Dwi. 2022. Apa itu SMTP dan Cara Kerjanya https://www.aktiva.co.id/apa-itu-smtp-dan-cara-kerjanya/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:29 WIB

Farid, Achmad. 2023. Apa Itu Telnet dan Cara Menggunakan di Linux & Windows? https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-telnet-adalah/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:42 WIB

Shinta,  Amelia. 2022. Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-port/ Diakses pada 10 Juli pukul 08:50 WIB

#Port #JaringanKomputer #PortPadaJaringanKomputer #Atswa #Promaker40

Postingan populer dari blog ini

C-SERVICE PROTOCOL (WEB, MAIL, DNS, DHCP, VoIP)

NF-Subnetting IPv6 Sesuai RFC